Sebelum Gerhana Total, Asteroid Sebesar lapangan Basket Lewati Bumi

Ada sedikit kekhawatiran bahwa asteroid ini akan menumbuk Bumi.

Sebuah asteroid seukuran lapangan bola basket akan melintas di dekat orbit Bumi. Asteroid yang diberi nama 2013 TX68 itu diperkirakan melintas di dekat Bumi pada 5 atau 8 Maret mendatang.

Dikutip Dream dari laman news.com.au, Jumat 4 Maret 2016, asteroid ini sebelumnya sudah pernah melintas di dekat Bumi pada dua tahun silam. Kala itu melintas pada jarak 1,3 juta miles dari Bumi.

Ada sedikit kekhawatiran bahwa asteroid ini akan menumbuk Bumi. Namun, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yakin asteroid ini akan melintas tanpa menimbulkan bahaya kehidupan di Bumi.

“Kami sudah mengetahui asteroid ini, 2013 XT68, akan melintasi Bumi dengan aman pada awal Maret, tapi data tambahan ini memungkinkan kita untuk mendapatkan pegangan yang lebih baik pada jalur orbitnya,” kata Paul Chodas, dari NASA.

“Data itu mengindikasikan bahwa asteroid kecil ini kemungkinan akan melewati Bumi dengan jarak lebih jauh dari sebelumnya.”

NASA memprediksi asteroid ini akan melintas dengan jarak 4,8 juta kilometer dari Bumi. Masih ada kemungkinan asteroid ini akan melintas lebih dekat dengan Bumi, tapi yang pasti tak akan sampai berjarah 24.00 kilometer dari permukaan Bumi.

Asteroid ini kemungkinan akan sulit untuk diamati. Selain jaraknya yang lumayan jauh, ukurannya agak kecil. “Dan lebih suram dari yang diperkirakan sebelumnya,” tutur Chodas.

Fenomena luar angkasa ini terjadi sebelum terjadinya gerhana matahari total (GMT) yang akan terjadi pada 9 Maret mendatang.


sumber : dream.co.id





0 Response to "Sebelum Gerhana Total, Asteroid Sebesar lapangan Basket Lewati Bumi"

Post a Comment