Air Hujan Bukanlah Air Biasa, Ternyata Hujan Punya Fakta Unik Dibalik Itu

Hujan merupakan suatu siklus air di bumi yang berfungsi untuk mendinginkan suhu bumi, menyuburkan tanaman dan lain-lain. Hujan juga sering menjadi "kambing hitam" semua permasalahan yang anda miliki, jadi kalau terlambat berangkat sekolah anda punya alasan itu tadi kehujanan bu. Hujan juga sering dibenci jika hadir terlalu sering, kalo emak ane bilang ya" hujan itu suka ngejailin orang nyuci, kalo pas jemur pakaian eeh malah hujan, ternyata malah hujan lewat". Tapi, juga sangat dirindukan kalau pas musim kemarau tiba, sumber air sudah jauh, pasti banyak orang yang meninginkan hujan, lah kalo pas kemarau turun hujan mesti pada senengnya minta ampun, kayak makan enak setelah puasa 7 hari 7 malem

1. Selain Bumi, planet lain juga mengalami hujan

masing air hujan di planet berbeda. Ada yang mengandung metana, neon dan asam sulfat yang sangat korosif bahkan besi juga ada. Hujan di Venus mengandung Asam Sulfat, bisa kebayang ya, gimana kalau kena air hujan dari Venus bisa bolong-bolong muka anda :v, pantas saja permukaan Venus yang berlubang akibat guyuran Asam Sulfat. Lalu, hujan di Saturnus, planet yang ada cincinnya, dijuluki "planet yang ditinggal tunagannya, karena sampai saat ini belum ada planet yang pake cincin". Ternyata, di sana hujan mengandung metana/yang merupakan bahan peledak terbaik di dunia"kentut", bisa dibayangkan gimana kalo hidup di sana, pasti tiap hujan menghasilkan bau seperti gas kentut, feces, pisang goreng yang suka jalan-jalan di sungai, pantas saja dijuluki planet "ditinggal tunagan" , ternyata setelah hujan turun baunya yang awalnya wangi jadi bau kentut .Ternyata hujan tidak hanya terjadi di Bumi. Hujan juga terjadi pada planet lain di sistem tata surya. Namun, kandungan yang dibawa oleh masing

2. Air hujan berukuran antara 0.1 - 10 mm

Pernahkan anda mengamati air hujan di sekeliling anda? bagaimana bentuknya? ternyata bentuk air hujan itu ada 2 yaitu bentuk bulat dan bentuk parasut. Bentuk bulat merupakan tetesan air hujan paling kecil sementara tetesan berbentuk parasut merupakan tetesan hujan yang paling besar karena bentuknya yang parasut membuat panjang suatu air akan memanjang. Di Brazil dan Kepulauan Marshal mencatat tetesan air hujan terbesar yang pernah ada di bumi, tetesan air hujan yang berbentuk parasut itu sekitar 10 mm. Kalau anda menemukan air hujan lebih dari 10 mm bisa difoto dan buat selfie gan.

3. Kecepatan air hujan maximal hanya 35 km/jam

Hujan di bumi, mempunyai kecepatan maximal hanya 22 mil per jam atau sekitar 35 km/jam. Lo, berarti hujan lamabat dong? Inilah Kekuasaan Tuhan, ternyata menurut teori fisika dengan mengabaikan gaya gesek hujan diatas ketinggian 1200 m sebenarnya mempunyai kecepatan sekitar 552,96 km/jam atau 2 kali lipat kecepatan
mobil F1. Jika memang tidak terjadi gesekan bumi ini akan hancur bagaikan serangan jarum yang sangat tajam. Ternyata Tuhan merupakan Sang Pencipta yang ulung. Tuhan menciptakan hujan sesuai kadarnya,cukup untuk kehidupan di bumi dan tidak menimbulkan kerusakan. Maka marilah kita bersyukur.
Allah berfirman dalam surat Al-Zukhruf ayat 11

وَالَّذِي نَزَّلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً بِقَدَرٍ فَأَنْشَرْنَا بِهِ بَلْدَةً مَيْتًا ۚكَذَٰلِكَ تُخْرَجُونَ

" Dan yang menurunkan air langit (hujan) menurut kadarnya (yang diperlukan)lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur)."
Jadi, kecepatan hujan hanya 3x kecepatan becak dan 1x kecepatan maling kalau mau ketangkep masa :v.

4.Hujan tidak berbau

Apakah anda pernah berpikiran bahwa bau air hujan itu sedap? bau air hujan itu kayak gimana gitu. Mulai saat ini anda harus behenti berpikiran seperti itu. Sebenarnya air hujan itu air yang tidak mempunyai aroma. Namun semuanya berubah setelah mereka berinteraksi dengan tanah.

Aroma hujan sebenarnya memiliki nama petrichor berasal dari bahasa Yunani yaitu 'petra' berarti batu dan 'ichor' yang berati darah yang mengalir dalam nadi dewa. Pada tahun 2015, MIT melakukan penelitian tentang bau air hujan, dan hasilnya adalah air hujanyang jatuh di permukaan berpori akan membentuk suatu gelembung udara kecil, gelembung udara itu jatuh dan pecah di permukaan gelembung air kemudiaan mengeluarkan partikel mikroskopis berupa cyanobacteria yang disebut aerosol. Mereka juga mengungkapkan bahwa semakin kecil intensitas air hujan, maka bau yang ditimbulkan akan semakin banyak.

5. Hujan merupakan musik terapi

Rintik-rintik hujan ternyata dapat membentuk nada-nada indah gan. Suara rintik hujan itu dinamakan pitter. Pitter merupakan suatu suara derai hujan di permukaan bumi yang timbul akibat udara bimbang dibawah tetesan air hujan itu. Dan pitter ini dapat digunaklan sebagai terapi, suara rintik hujan dapat membuat kita tenang, menyatu dengan alam sehingga biasanya kita juga pengen bobok ketika mendengar suara itu... asal enggak mendengar suara tetesan hujan yang tembus ke rumah kita aja (bocor),kalau yang itu bukan buat tenang tapi malah nambah masalah

6. Di Bostwana mata uangnya namanya Pula artinya hujan

Dalam bahasa sestwana (bahasanya bostwana) adalah hujan. Kok aneh ya,setelah ane telusuri ternyata itu merupakan doa supaya mereka selalu diberi kecukupan air dengan tuah berkah memberi nama mata uangnya dengan arti hujan. Bostwana memang sangat jarang sekali turun hujan. Lokasi yang dekat dengan padang kalahari membuat iklimnya sangat tidak mendukung untuk terjadinya hujan. Maka, sebagai bangsa Indonesia marilah kita bersyukur, kalau banjir ya kita juga harus sabar gan..

sumber : kaskus.co.id

0 Response to "Air Hujan Bukanlah Air Biasa, Ternyata Hujan Punya Fakta Unik Dibalik Itu"

Post a Comment